Selamat Datang di Website ini

SELAMAT DATANG DI WEB BAPAS PATI. Dalam web ini terdapat informasi yang kantor Bapas Pati sajikan.VISI : “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong” MISI : Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan,Mewujudkan masyarakat maju, berkesinambungan dan demokratis berlandaskan negara hukum,Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim,Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera,Mewujudkan bangsa yang berdaya saing,Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional,Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan

TARUNA AKIP ANGKATAN 47 DAN PETUGAS BAPAS PATI MELAKUKAN SOSIALISASI DI SD IT ABU BAKAR ASH-SHIDIQ PATI PATI, 19 JUNI 2014

TARUNA AKIP ANGKATAN 47 DAN PETUGAS BAPAS PATI MELAKUKAN SOSIALISASI DI SD IT ABU BAKAR ASH-SHIDIQ PATI
PATI, 19 JUNI 2014



Upaya Preventif Bapas Pati Untuk Penghindaran Anak dari Tindak Pidana




Siswa – siswi kelas IV dan V SD IT Abu Bakar Ash-Shidiq Pati mengikuti Sosialisasi Penghindaran Anak Dari Tindak Pidana yang dilakukan oleh Bapas Pati. Sosialisasi dipandang mampu menjadi salah satu upaya preventif untuk mencegah anak melakukan tindak pidana maupun menjadi korban tindak pidana.
Sesuai amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana anak yang notabene mengutamakan kepentingan terbaik bagi masa depan anak, Bapas Pati melakukan terobosan dan inovasi untuk mencegah anak agar terhindar dari tindak pidana, baik anak sebagai pelaku maupun anak sebagai korban tindak pidana.


Sosialisasi dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB dengan memanfaatkan waktu classmeeting dan berlangsung sekitar 1,5 jam . Dalam sosialisasi ini, penyampai materi adalah  Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Pati ( Endah Suhartini,A.Ks ; Sugeng Rahayu ; Vica Esa Belyan,S.Sy ) dan dibantu oleh Taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan Angkatan 47 (Mu’alim Nuzulul Syiyam).
Penyampaian materi yang ringan dan atraktif membuat anak-anak antusias dalam mengikuti sosialisasi. Anak – anak memberikan feed back  yang baik selama penyampaian materi berlangsung. Materi sosisalisasi berisi tentang penanaman moral dan budi pekerti bagi anak, selanjutnya tentang anak yang menjadi pelaku tindak pidana serta hukuman-hukuman bagi anak nakal, dilanjutkan dengan pemberian motivasi bagi anak agar berani melapor jika dirinya menjadi korban suatu tindak pidana. Anak diberi doktrin untuk bersikap baik dalam bersosialisasi dengan lingkungan serta pemberian dorongan kepada siswa agar membangun komunikasi yang efektif kepada orang tuadan guru sehingga meminimalisir terjadinya tindak pidana.
Usia rawan anak-anak yang seringkali melakukan ‘coba-coba’ untuk mengapresiasikan diri memerlukan keikutsertaan orang tua dan guru agar tetap mengawasi anak.

Merebaknya kasus pelecehan seksual bagi anak dewasa ini menimbulkan keresahan bagi kita semua. Dalam sosialisasi tersebut anak – anak diberikan pemahaman mengenai pelecehan seksual dengan menampilkan video animasi yang ringan dan dapat dicerna secara baik oleh anak. 

PRESENTASI SOSIALISASI :
1. Upaya Preventif Bapas Pati Untuk Penghindaran Anak dari Tindak Pidana













2. PENGHINDARAN DARI TINDAK PIDANA














3. SERBA-SERBI GALERI FOTO SOSIALISASI










 

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.