Selamat Datang di Website ini

SELAMAT DATANG DI WEB BAPAS PATI. Dalam web ini terdapat informasi yang kantor Bapas Pati sajikan.VISI : “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong” MISI : Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan,Mewujudkan masyarakat maju, berkesinambungan dan demokratis berlandaskan negara hukum,Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim,Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera,Mewujudkan bangsa yang berdaya saing,Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional,Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan

SOSIALISASI PETUGAS BAPAS PATI DI SMPN 1 MARGOREJO PATI TENTANG ANAK BERHADAPAN HUKUM, 13 OKTOBER 2014



PETUGAS BAPAS PATI
MELAKUKAN SOSIALISASI DI SMPN 1 MARGOREJO PATI
PATI, 13 OKTOBER 2014

Penghindaran Anak Dari Tindak Pidana

Pati, 13 Oktober 2014
Berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana anak, bahwa setiap anak yang berhadapan dengan hukum untuk penyelesaiannya lebih mengutamakan kepentingan terbaik bagi masa depan anak. Dalam mengantisipasi hal tersebut Bapas Pati melakukan terobosan dan inovasi untuk mencegah anak agar terhindar  dari tindak pidana, baik sebagai pelaku, korban maupun saksi dengan melakukan sosialisasi dan penyuluhan di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama.

Dengan melihat data ABH yang masuk di Bapas Pati yang notabene merupakan anak usia sekolah, Bapas Pati merasa khawatir dan merasa turut bertanggungjawab terhadap anak-anak. Hal tersebut senada dengan pernyataan Bapak Sulistanto,A.Ks selaku Kepala Subsi Bimbingan Klien Anak, “ Kami merasa prihatin dengan kenakalan anak-anak , banyak tindak pidana yang ternyata pelakunya adalah anak yang masih di bawah umur.”
Untuk itu, Bapak RM.Dwi Arnanto,SH.,MH selaku Kepala Bapas Pati, kembali membentuk team untuk melakukan penyuluhan bagi anak-anak sekolah yang berada di wilayah kerja Bapas Pati.
Senin, 13 Oktober 2014, Team Bapas Pati yang terdiri dari Bapak Sulistanto,A.Ks, Bapak Bambang Sulistyo,SH.,MH, Bapak Nyamat, Bapak Muslim Awaluddin,S.IP, Ibu Sugeng Rahayu dan Ibu Vica Esa Belyan,S.Sy mendatangi SMP Negeri 1 Margorejo untuk memberikan penyuluhan.
Acara dimulai sejak pukul 08.15 WIB di ruang laboratorium bahasa SMP 1 Margorejo. Anak-anak yang terdiri dari Pengurus OSIS dan perwakilan pengurus masing-masing kelas terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara penyuluhan. Dengan tema Penghindaran Anak dari Tindak Pidana, anak-anak dibekali dengan serba serbi mengenai hukum secara umum, tujuan diadakannya penyuluhan, jenis-jenis tindak pidana yang harus dihindari anak-anak, jenis-jenis pidana dan tindakan yang dapat dijatuhkan untuk pelaku anak, serta mengenai perlindungan hukum bagi anak-anak.
Anak-anak dapat berpartisipasi secara aktif dalam termin diskusi yang disediakan oleh moderator. Salah satu pertanyaan cerdas terlontar oleh seorang siswa, David Adi Saputra, “Bagaimana jika ada anak-anak seusia kami yang mengemudikan sepeda motor kemudian terjadi kecelakaan lalu lintas dan korbannya meninggal dunia?”
Kemudian dijawab oleh Bapak Nyamat mengenai pasal yang dapat disangkakan pada pelaku, yaitu Pasal 310 UU Lalu Lintas dan Angkutan Darat No. 22 Tahun 2009. Kemudian ditambahkan oleh Bapak Sulstanto,A.Ks mengenai penanganan jika terjadi tindak pidana yang dilakukan oleh anak-anak, mulai dari proses penyidikan, proses pengupayaan diversi, serta kemungkinan jika proses mediasi tidak berhasil yaitu dilanjutkan ke tingkat persidangan dengan ancaman hukuman pidana bagi pelaku.
Tanggapan baik disampaikan oleh Kepala SMP 1 Margorejo, Bapak Suharyanto,S.Pd,     “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu dari Bapas Pati yang telah meluangkan waktu untuk memberikan penjelasan bagi anak-anak kami. Kami berharap anak-anak dapat berperilaku lebih baik, dan tidak ada dari siswa kami yang berhadapan hukum nantinya. Kami berharap koordinasi semacam ini dapat terus berlanjut karena anak-anak sangat membutuhkan pengatahuan yang baik tentang hukum “
Bapas Pati akan berusaha melakukan upaya upaya semacam untuk menghindarkan anak dari melakukan tindak pidana.
(Kontributor : Phieca/Vica,13-1-14))

SLIDE SHOW PAPARAN PENYULUHAN






















 FOTO KEGIATAN SOSIALISASI


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.